Selamat datang dihalaman duniabelajar.web.id. Terima kasih telah berkunjung ke halaman ini. Bagi yang membutuhkan bantuan silahkan hubungi kami di WA dengan klik logo WA dihalaman ini dan bagi yang akan melihat koleksi video tugas pendidikan calon guru penggerak silahkan kunjungi channel https://www.youtube.com/user/totokdariyanto

Minggu, 11 September 2011

Mengetahui bilangan yang dapat dibagi 3

Matematika adalah ilmu yang paling mudah diantara cabang ilmu yang lainnya. Mengapa demikian...? karena di dalam ilmu matematika hanya bermain logika bukan hafalan.

Pada kenyataan banyak peserta didik yang merasakan kesulitan dalam belajar matematika, bahkan mereka beranggapan bahwa matematika adalah pelajaran yang menjadi momok bagi dirinya. Itu terjadi karena diawal belajar peserta didik atau guru kadang sudah memberikan warning atau peringatan dengan mengatakan “Awas matematika itu sulit, jika tidak sungguh-sungguh maka tidak akan bisa”. Kata-kata “matematika itu sulit” akan menjadikan peserta didik menjadi kurang bergairah dalam belajar dan memahami matematika. (Lebih detilnya sudah saya kupas tuntas dalam artikel sebelumnya “Belajar Matematika Sulit...? Siapa bilang....!”).

Ini salah satu contoh bahwa matematika mudah, yaitu mengetahui suatu bilangan bisa dibagi 3 atau tidak. Sebetulnya untuk mengetahuinya cukup mudah, ikuti langkah berikut:
18 bisa dibagi 3 (1+8=9,  9 bisa dibagi 3)
22 tidak habis dibagi 3, akan sisa 1 (2+2=4, 4 jika dibagi 3 sisa 1)
50 tidak habis dibagi 3, akan sisa 2 (5+0=5,  5 jika dibagi 3 sisa 2)
12630  habis dibagi 3  (1+2+6+3+0=12,  12 habis dibagi 3)
32561 tidak habis dibagi 3, sisa 2  (3+2+5+6+1=17,  17 dibagi 3 sisa 2)
Dan seterusnya.

Jadi untuk mengetahui suatu bilangan bisa dibagi 3 atau tidak, caraanya tinggal kita jumlahkan dari semua bilangan pembentuk bilangan tersebut. Dari hasil penjumlahan bilangan pembentuk kita cek apakah bisa dibagi 3 atau tidak.

Semoga bermanfaat.

4 komentar:

Arsyad Riyadi mengatakan...

Wah..wah..ra nyandak pikiranku.. Biasanya hanya yang habis dibagi, 2, 4, 8..5, 10 dst. Bukan dibagi 3.

Dariyanto (Totok) mengatakan...

itulah bukti matematika mudah.
Trims kunjungannya.

Anonim mengatakan...

Mantep gan

Dariyanto (Totok) mengatakan...

Terima kasih

Posting Komentar

Jika tidak mempunyai account,
pada comment as silahkan pilih Anonymous
Mohon dengan bahasa yang sopan.
Terima Kasih.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls